Rabu, 06 April 2011

Ditemukan Tata Surya Baru

Ditemukan Tata Surya Baru - planet kelima
Planet ke Lima

*Ditemukan Tata Surya Baru dengan Lima Planet*

WASHNGTON, RABU - Sistem planet-planet yang terdiri dari sebuah bintang yang dikelilingi beberapa planet tidak hanya di tata surya kita. Para ilmuwan AS mengumumkan penemuan tata surya baru dengan lima planet yang mengelilingi sebuah bintang.

Ibarat saudara, karena sistem tata surya kita tak jauh berbeda hanya dihuni delapan planet. Penemuan ini menunjukkan bahwa sistem tata surya yang terdiri dari sebuah bintang yang dikelilingi planet-planet tidak hanya ada di sekitar kita namun mungkin banyak ditemukan di berbagai sudut alam semesta.

Planet kelima yang terakhir ditemukan jauh lebih besar daripada Bumi dengan massa 45 kali lipatnya atau sebanding dengan Saturnus. Namun jarak orbit ke bintangnya yang dinamai 55 Cancri hampir sama dengan jarak orbit Bumi ke Matahari.

Sedangkan empat planet lainnya sudah ditemukan sebelumnya dengan jalur orbit lebih dekat ke bintangnya. Planet yang orbitnya terdekat memiliki massa seperti Uranus dan mengelilingi bintangnya hanya dalam waktu kurang dari tiga hari dengan panjang lintasan orbit 5,1 juta kilometer. Planet keempat berada di orbit seperti Venus dan menghabiskan waktu 260 hari untuk mengelilingi 55 Cancri.

"Bintangnya sangat mirip Matahari kita. Massanya dan umurnya hampir sama dengan Matahari," ujar Debra Fischer, astronom dari San Fransisco State
University, salah satu peneliti di badan antriksa AS (NASA). Bintang 55 Cancri berada pada konstelasi Cancer pada jarak 41 tahun cahaya atau sekitar 380 triliun kilometer dari Bumi.

Dengan situasi demikian, para astronom memprediksi objk-objek di sekitar planet kelima mungkin mendukung kehidupan. Geof Marcy, astronom dari Universitas California Berkeley, mengatakan jika terdapat bulan yang mengelilingi planet kelima ini, permukaannya seharusnya padat dan genangan air seperti danau dan laut mungkin saja terbentuk. Kita tahu bahwa air adalah sumber kehidupan.

Namun, untuk mencari bulan di sekitar planet bukan hal gampang. Untuk mengamati planet itu saja, para astronom butuh waktu 18 tahun karena hanya dapat mendeteksinya dari perubahan gejolak cahaya bintang saat planet melakukan transit atau melintas di antara Bumi dan bintangnya.

Sumber: AP (Kompas)
Penulis: Wah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar